Brecek Purbalingga (13 /08/2021)-
Sebagai upaya untuk menggiatkan kembali keberadaan website desa, Setyo Haryono selaku Pendamping Desa di Kecamatan Kaligondang bersama dengan Ayu Rahma selaku operator Website Kecamatan Kaligondang berinisiatif mengumpulkan Perangkat Desa di wilayah kecamatan Kaligondang, hal itu dilandasi atas usulan dan prakarsa dari beberapa operator website desa yang sangat antusias untuk mengelola Sistem Informasi Desa (SID), tapi terkendala oleh kapasitas para operator yang masih banyak kekurangan. Sehingga beberapa Desa mengusulkan kepada pendamping desa agar diadakan pertemuan untuk membahas lebih lanjut pengelolaan website desa.

Untuk itu pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 sekitar pukul 13.30 WIB yang bertempat di Gubug Bambu Kaligondang diadakan pertemuan awal yang diikuti oleh 9 orang operator website desa.
Dalam pertemuan yang terkesan serius tapi santai tersebut, disampaikan beberapa kendala pengelolaan website tersebut, diantaranya adalah karena kesibukannya dengan kegiatan di desa sehingga tidak ada waktu untuk mengelola website desa.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah WhatsApp-Image-2021-08-13-at-16.02.26-1024x768.jpeg
Tampak Setyo Haryono selaku pendamping Desa di Kecamatan Kaligondang saat memberikan masukan dan motivasi kepada perangkat desa di kecamatan Kaligondang yang menjadi operator website desa, Jumat 13 Agustus 2021 di Gubug Bambu Kaligondang.

Pada pertemuan tersebut, tampak Setyo Haryono selaku pendamping Desa di Kecamatan Kaligondang memberikan masukan dan motivasi kepada perangkat desa di kecamatan Kaligondang yang menjadi operator website desa. “Saya mengapresiasi teman-teman operator website desa atas inisiatif dan prakarsanya untuk menggiatkan kembali website Desa sebagai pusat informasi desa, mudah-mudahan ini merupakan langkah baik untuk menuju Desa digital” Ungkap setyo saat memberikan motif.
Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih selama 3 Jam bertempat di Gubug Bambu Kaligondang.

Selain itu, ada beberapa desa yang belum membuat website desa. Untuk desa-desa tersebut agar segera mengajukan permohonan lewat Dinkominfo Purbalingga dengan melengkapi beberapa persyaratannya.
Hal-hal lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah perlunya pelatihan pengelolaan website desa dan pelatihan jurnalistik.
Untuk rencana pelatihan tersebut akan segera dikomunikasikan dengan Dinkominfo Purbalingga selaku lembaga pemerintah yang mendukung keberadaan website desa tersebut.

Adapun langkah awal dari tindak lanjut dari rakor tersebut , pada tgl 28 Agustus 2021 akan diselenggarakan pelatihan jurnalistik yang merupakan hasil kesepakatan bersama para operator yg hadir pada pertemuan tersebut. Dimana terpilih sebagai ketua panitianya saudara Ismanto dari desa cilapar

Mudahan-mudahan dengan langkah awal ini dapat menggiatkan kembali semangat untuk menghidupkan website desa dengan berita-berita tentang desa. Mari beritakan tentang prestasi desamu kepada dunia.
Salam merdesa !!! (NH).