Brecek.desa.id : Bagi warga desa Brecek mungkin akhir-akhir ini ada yang mendatangi ke rumah guna mencatat data kependudukan, pendataan itu merupakan program dari pemerintah khususnya dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa) yang disebut dengan program SDGS (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan berkelanjutan.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa Peduli pendidikan,Desa ramah perempuan, desa berjenjang, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Mengutip dari Permendesa 13/2020 setidaknya ada 18 Tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa, yaitu :

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang bersinergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. 10.Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Maksud pendataan SDGs Desa adalah untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.
Hasil pendataan ini digunakan untuk melihat kegiatan pembangunan yang sudah dilaksanakan serta dijadikan sebagai dasar untuk membuat kebijakan baik tingkat desa maupun tingkat pusat.

Rencana pendataan ini dilaksanakan mulai dari bulan Maret sampai bulan Mei 2021 yang dilaksanakan oleh Tim Pokja Relawan Pemutakhiran SDGs sesuai dengan SK Kepala Desa brecek No. 7 tahu 2021 tertanggal 22 Maret 2021.
Adapun Tim ini diketuai oleh Sekretaris Desa, Kasi pemerintahan sebagai sekretaris, dan beranggotakan Kepala Dusun, Ketua RT, LPMD, dan Kelompok Pemuda serta Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pendamping Desa sebagai Mitra.
Kelompok Pemuda yang terdiri dari Subiyakto, Andri Suretno, Pradipta Bagaskara dan Erli Liana Ramadhani inilah yang bertugas menginput data kedalam aplikasi SDGs.
Untuk itu kepada masyarakat Desa Brecek dimohon kerjasamanya untuk memberikan keterangan yang sebenar-benarnya pada petugas pendata guna mensukseskan program SDGs ini. (NH)