Brecek-Purbalingga; Sebanyak 17 orang Perangkat Desa yang berperan sebagai operator SID dari 17 desa di Kecamatan Kaligondang mengikuti Pelatihan Jurnalistik di RM Sawah Datar Kusuma Sari Desa Tejasari Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengahi Kamis, 26 Agustus 2021.

Pelatihan Jurnalistik ini terselenggara atas gagasan dari para Operator SID desa di wilayah Kecamatan Kaligondang yang kemudian membentuk Kepanitiaan Forum Operator SID Kecamatan Kaligondang yang diketuai oleh Ismanto, S.Kom (Perangkat Desa Cilapar). Kepanitiaan ini kemudian bekerjasama dengan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD)  sehingga Pelatihan Jurnalistik ini dapat diselenggarakan.

Acara Pelatihan Jurnalistik tersebut dibuka oleh Bp. Ayatno (Kades Kalikajar) selaku ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Kaligondang pada pukul 08.30 WIB.

Adapun sebagai narasumber dalam pelatihan Jurnalistik ini adalah Setiyo Haryono, Pendamping Desa Kecamatan Kaligondang dan Eko Budi Utomo, Pemimpin Redaksi Banyumas Ekspress.

Dalam kesempatan tersebut, Setiyo Haryono mengenalkan tentang apa itu Jurnalistik.Menurutnya Jurnalistik dapat diartikan sebagai proses, teknik, dan ilmu peliputan, penulisan, dan penyebaran informasi aktual(berita) melalui media massa.

Secara garis besar produk Jurnalistik itu adalah :

1.Berita (News) — laporan peristiwa

2.Opini (Views) — berisi pendapat, penilaian, pemikiran, atau analisis tentang suatu masalah atau peristiwa

3.Feature  —- tulisan yang menggabungkan fakta dan opini atau tulisan khas bergaya penulisan karya sastra seperti cerpen atau novel

Menurutnya, untuk website desa informasikan berita – berita yang positif atau yang bisa menginspirasi banyak orang.

Narasumber Eko Budi Utomo menyampaikan prinsip-prinsip penulisan berita

Lain halnya dengan narasumber Eko Budi Utomo yang menyampaikan bahwa  prinsip menulis berita itu sederhana yaitu :

1. menyajikan informasi yang penting menjadi lebih menarik

2. menyajikan informasi yang biasa saja menjadi enak dibaca

Untuk website atau media online, harus ada fotonya agar lebih menarik dan tidak membosankan.

Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini diharapkan  operator website desa mempunyai pengetahuan tentang teknik jurnalistik sebagai dasar pengetahuan untuk menulis berita di website desanya.

Salam merdesa !!! (NH)